Rabu, 13 Agustus 2008

Untuk Temanku Gerald

Pada suatu hari Dr. Henokh Setiawan bertukar pikiran dengan mahasiswanya di STT Jakarta, saya salah satu mahasiswa yang berada dikelas tersebut. Beliau mencoba mendefinisikan fenomona yang disebut"kerasukan", dalam wilayah nalar keilmuan, sehingga tercetus istilah demonopatologi, sebagai catatn Dr. Henokh setiawan adalah dosen Psikologi kami, yang juga merupakan staf pengajar di Universitas Indonesia.
Namun mahasiswa kami tidak sepakat dengan pendekatan beliau. Karena sampai saat ini perisatiwa kerasukan tidak dapat dinalar atau diukur dengan konsep, jalan , nalar yang dapat dipertanggujawabkan secara keilmuan. Mungkin Fenomena "kerasukan" sebaiknya dijadikan bahan pemikiran kedua. Karena dalam gejala "manik depresi" ada gejala yang sama dengan orang kerasukan yang kita baca dalam Alkitab. Tidak sadarkan diri, bertindak diluar kendali dan kebiasaan umum (seperti menyakiti diri, atau membanting benda disekitar. (informasi ini didapat dari kuliah mata pelajaran psikologi).
Kita tetap memohon kekuatan Tuhan, karena kita hendaknya melibatkan Tuhan dalam segala peristiwa apapun yang menimpa kita bukan, baik buruk, maupun indah? Yang utama adalah mencari akar kepedihan atau permasalahn yang sedang dihadapi konseli kita. Semoga dengan ditemukan akar permasalahan membawa penyelesaian yang sejati.

Tidak ada komentar:

MAU NONTON TV DUNIA? MAU